7 Pertanyaan Menarik Seputar Pramuka yang Paling Banyak Ditanya

7 Pertanyaan Menarik Seputar Pramuka yang Paling Banyak Ditanya





7 Pertanyaan Menarik Seputar Pramuka yang Paling Banyak Ditanya FILMA KUDOLAST UPDATED AUG 14, 201606238
Bicara seputar pramuka, biasanya banyak orang yang sering menanyakan hal ini. Apakah kamu juga menanyakan hal yang sama sobat Kudo?Â
“Tepuk Pramuka..!!”
Hayo sobat Kudo, ada yang masih ingat engga sama teriakan di atas? Pasti pada lupa deh gimana tepuk pramuka itu? Waduh bahaya nih kalau begini!

Kebetulan nih, tepat di hari ini tanggal 14 Agustus 2016, diperingati sebagai Hari Pramuka. Nah Kudo mau bahas sedikit tentang pramuka.

“Kenapa sih di sekolah itu harus ada kegiatan pramuka?”
Jawabannya mudah, gerakan pramuka atau kepaduan memang sering banget kita temui di tingkat SD atau SMP di Indonesia. Karena lewat gerakan ini diharapkan anak muda bisa lebih mandiri dan bertanggung jawab. Nah apakah kamu aktif ikut gerakan pramuka di sekolah seobat Kudo?

“Emang bener pramuka asalnya dari Inggris?”


 “Hah..? Masa sih?”
Gerakan pramuka atau scouting awalnya memang dikembangkan oleh seorang letnan asal Inggris, Lord Baden Pawell. Di mana gerakan tersebut ditujukan untuk membina kaum muda di Inggris yang sering terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan.

Baden Pawell menerapkan scouting  kepada 21 orang pemuda dengan cara berkemah di pulau Brownsea selama 8 hari pada tahun 1907. Pengalaman keberhasilannya ditulis dalam buku yang berjudul “Scouting for Boy” dan melalui buku itulah kepanduan atau pramuka berkembang termasuk di Indonesia.

Sumber foto : foto.merahputih.com
Sumber foto : foto.merahputih.com
“Siapa yang bawa pramuka ke Indonesia?”
Organisasi kepaduan atau pramuka memang dibentuk di Inggris, tapi Belanda lah yang justru memperkenalkannya ke Indonesia. Sebelum Pramuka terbentuk, organisasi kepaduan pertama yang ada di Indonesia adalah Javasche Padvinderij Organisatie (JPO). Sampai akhirnya pada 14 Agustus 1961, Pramuka (Praja Muda) resmi dibentuk dan di hari itu juga Pramuka diperkenalkan kepada masyarakat seluruh Indonesia.

“Katanya jumlah tepukan pramuka itu 13, kenapa bisa 13?”
Menurut sejarahnya, angka tersebut melambangkan jumlah dasa dharma pramuka yang berjumlah 10 dan tri satya yang jumlahnya 3. Selain jumlahnya 13, kamu nyadar engga kalau tepuk pramuka itu khas banget loh bunyinya?

“Kenapa lambang pramuka itu tunas kelapa?”
Kenapa harus tunas kelapa? Kalau yang anak pramuka pasti udah di luar kepala nih jawabannya. Tapi buat kamu yang belum tahu, Kudo bocorkan ya jawabannya. Alasan kenapa tunas kelapa dipilih sebagai lambing pramuka adalah karena semua bagian kelapa sangat bermanfaat. Mulai dari daun, buah, batang, pohon sampai akar kelapa.

“Kenapa seragam pramuka warnanya cokelat?”
Seragam pramuka terdiri dari dua warna, cokelat muda untuk atasannya dan cokelat tua untuk bawahannya. Kenapa cokelat? Karena filosofinya, kedua warna tersebut melambangkan air yang mengalir serta tanah  yang dipijak oleh manusia. Dasinya yang berwarna merah putih, sudah pasti melambangkan warna bendera Indonesia.

“Kenapa sapaan dalam pramuka itu selalu ‘kakak’ dan ‘adik’?”
Sekalipun pembinanya adalah Presiden sekalipun, sapaan yang berlaku dalam pramuka adalah kakak Pembina. Alasannya adalah untuk menimbulkan stigma kalau semua anggota pramuka itu berjiwa muda.

“Kenapa pramuka itu identik sama semaphore?”


Sebelum bahas lebih jauh, Kudo kasih tahu dulu kalau semaphore adalah cara untuk mengirim atau menerima berita dengan menggunakan bendera, tangan kosong, atau sarung tangan. Nah di Indonesia, biasanya semaphore menjadi salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh setiap anggota pramuka dan dipraktikan dalam acara perkemahan. Banyak orang yang bilang sih belajar semaphore itu susah, kamu setuju engga sobat Kudo?

Sekarang kamu jadi lebih tahu kan? Lepas dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, intinya adalah  tak peduli berapa usia kamu sekarang, kamu tetap masih bisa menjadi ‘kakak pembina’ pramuka kok untuk mereka generasi muda.

Jangan lupa untuk selalu tanamkan nilai-nilai yang ada di pramuka seperti kedisplinan, tanggung jawab dan kerja sama tim dalam kehidupan kamu ya sobat Kudo!

Selamat Hari Pramuka Ke-55

Bersama Kudo, kita pasti bisa!!


sumber:https://kudo.co.id/blog/pertanyaan-menarik-seputar-pramuka-yang-paling-banyak-ditanya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN SAKA PUSTAKA

Badan Badan Otonom Nahdlatul Ulama'

Sejarah Pramuka Indonesia